11.55

Mengenal Lebih Dekat Dunia Radio

Apa iya dunia radio itu bisa dibilang tren? Apa karena kesannya kerjaan penyiar radio itu gampang, tinggal cuap-cuap sambil muterin lagu? Bisa dikenal banyak orang…pokoknya seru deh…tapi apa memang begitu dunia radio?

Mungkin selama ini, itulah kesan kamu yang hobi ngabisin waktu luangnya mendengarkan radio tentang penyiar radio. Pas lagi belajar di kamar, dalam mobil, bahkan ketika persiapan pagi berangkat ke tempat aktivitas sambil denger lagu-lagu yang sedang hits ditambah dengan info-info menarik. Seru ya…jadi kepengen ya…nyobain jadi penyiar radio? Ya…minimal pengen tahu kan bagaimana cara kerja seorang penyiar radio.

Kamu punya banyak kesempatan kok. Sekarang ini banyak sekali stasiun radio di Ungaran dan semarang yang mengundang anak-anak sekolahan untuk menjadi penyiar tamu di spesial program. Disitu kamu bisa nyaksiin langsung bagaimana cara kerja penyiar. Buktiin deh, apa mereka cuma cuap-cuap aja. Ternyata nggak. Begitu masuk ruang siaran, kamu bakal lihat banyak alat-alat elektronik canggih yang membingungkan…he..he..he. Ada seperangkat komputer dengan program khusus, mixer, tape, cd player, mikrophone, dan banyak lagi.

Wuih…pusing kan…tapi kalau dipelajari, bisa kok. Apalagi sekarang ini sudah pada otomatis, nggak perlu pusing-pusing lagi nyari-nyari kaset, tinggal klik aja di komputer.

"Acara ini kita buat memang khusus untuk remaja yang ingin mengenal dunia radio lebih dekat, awalnya juga karena banyak remaja yang telpon kesini dan nanya bagaimana caranya menjadi penyiar radio,"

Dengan ikut special program yang memang disuguhi buat kita yang masih sekolah, kamu bisa ngembangin bakat dan memutuskan apa akhirnya nanti bisa atau nggak jadi penyiar. Ada beberapa radio yang hanya mengundang anak sekolah untuk talk show, membahas problema remaja atau yang lagi tren di kalangan remaja. Ada juga kita diberikan waktu buat nge-bacain kartu ucapan atau request lagu dari pendengar yang lain.

Namun ada juga yang memberikan kesempatan kepada anak sekolahan belajar menjadi seorang penyiar. Jadi sebelum on air, kita mesti ikutan pelatihan singkat, biar bisa mengoperasikan alat-alat yang ada di box siar.

Selain itu kita juga diajari olah vokal, buat materi siaran sehingga tampilan kita di udara benar-benar layaknya seorang penyiar radio. Hai…ternyata seorang penyiar itu memang harus punya wawasan yang luas banget, karena dia kan mesti membagikan informasi tentang segala hal yang lagi hangat di masyarakat kepada kita semua. Nah…cara dapatkan semuanya ini ya …mesti rajin membaca dan nyari info tersebut ke berbagai macam sumber. Asyik ya…bisa enjoy dengerin musik dan bikin kita makin pintar.

Jadi, nggak rugi deh kalau memang kamu punya bakat menjadi seorang penyiar, untuk aktif ngikutin acara seperti ini. Udah gitu juga bisa dijadikan ajang nambah teman kan ha..ha..3x.

Comments (0)