13.06

Perjalanan nasib Blogger di Semarang



Acara yang di support oleh KDW (Kelompok diskusi wartawan) Telkom dan Loenpia.net (Komunitas Blogger Semarang) yang terlaksana beberapa waktu lalu ini membahas tentang indahnya sebuah kreatifitas menulis yang tentu saja untuk melahirkan bibit-bibit jurnalisme profesional dari kota loenpia ini.


Kegiatan ini diisi oleh perwakilan dari KDW yaitu ketuanya M. Saronji dan media Suara Merdeka, Ibu Sonya Helen Sinombor salah satu wartawan senior harian Kompas dan Loepia [dot] net yaitu Komunitas Blogger Semarang. Kegiatan ini di buka dengan sedikit gambaran tentang dunia jurnalistik oleh M. Saroji dimana seorang wartawan itu tidak boleh sembarangan, ada kode etik jurnalistiknya jadi tidak cuman liputan hingga dijadikan sebuah berita. Penulisan artikel yang baik dengan rumus 5W1H baca: lima we satu ha, yaitu What? (Apa), Who? (Siapa), Where? (Dimana), When? (Kapan ), Why? (Kenapa) dan How? (Bagaimana), rumus penulisan ini harus ada dalam tiap unsur penulisan yang baik, hal ini dijelaskan oleh Ibu Sonya Helen Sinombor. Dan penghujung akhir acara diisi oleh Loenpia [dot] net yang mengenalkan media blog dan teknik pembuatan blog sekaligus etika para blogger seperti halnya dilarang meng-copypaste dalam hasil karyanya, pembuatan blog ini menggunakan mesin blogspot yang sudah akrab dalam dunia blog di internet. Dan saya disini sebagai Loenpia [dot] net mungkin mewakili mesin multiply yang juga kategori blog namun dengan style yang berbeda.



Blog Your Mind, sebuah acara yang diharapkan melahirkan bibit profesionalisme dalam bidang penulisan ini digelar di gedung kopegtel lantai 3, ruko Pemuda Mas, jalan pemuda 150 blok A14 berlangsung sekitar lima jam dan ini sangat bermanfaat dan menyenangkan terutama acara intinya yaitu pelatihan pembuatan blog yang dibimbing seluruhnya oleh loenpia [dot] net dan diikuti oleh dari beberapa kalangan antara lain para wartawan, pondok pesantren, kalangan universitas dan umum.



Kegiatan ini diharapkan para masyarakat dunia nyata kenal dan akrab dengan salah satu kegiatan yang ada di dunia maya yaitu blog, sebab kegiatan di dunia maya seperti chatting dan browsing sudah melekat dan diketahui oleh masyarakat kita namun, blog, journal atau disebut juga diary online ini salah satu kegiatan positif yang di beberapa kota sudah banyak pemakainya namun di kota Semarang hal ini masih kurang diminati. Diharapkan dari pelatihan ini dapat melahirkan blogger-blogger aktif dan sukses hingga mengikuti perkembangan dunia jurnalisme dan blog yang makin pesat.

Maju Terus Blogger Semarang, Jangan Berhenti Berkreatifitas!!

Comments (0)